Desain Grafis
Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.
Grafika adalah segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak. Contohnya adalah: foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna.
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Bisa dikatakan bahwa desain
permodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer dan pendesainannya.
Dimana pemodelan adalah proses membentuk sketsa kasar suatu obyek
yang nantinya akan dibuat. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga dapat
terlihat hidup. Proses ini dikerjakan seluruhnya di komputer.
Perkembangan grafis komputer, atau
biasa disebut CG, telah membuat kita dapat berinteraksi dengan mudah dengan
komputer , dan lebih baik untuk memahami dan menafsirkan berbagai jenis data. .
Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang besar pada banyak jenis media
dan telah merevolusi industri dibidang animasi dan video game. Istilah komputer
grafis telah digunakan dalam arti luas untuk menggambarkan “segala sesuatu pada
komputer yang bukan berupa teks atau suara”. Biasanya istilah komputer grafik
banyak digunakan pada beberapa hal:
- Representasi dan manipulasi data citra oleh komputer
- berbagai teknologi yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi gambar
- pada gambar yang dihasilkan
- sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual
Saat ini, komputer grafis
mengahsilkan segala sesuatu yang banyak berkaitan dengan berbagai aspek
kehidupan kita sehari-hari.. Citra komputer grafik dapat ditemukan di televisi,
di koran, film dsb. Seperti misalnya dalam laporan cuaca atau dalam semua
jenis penyelidikan medis dan prosedur operasi. Grafis yang dibuat dengan
baik dapat mepresentasikan hal yang terlihat sulit menjadi suatu hal yang mudah
dan dapat dipahami. Grafik juga dapat digunakan dalam media seperti laporan,
thesis,serta tugas-tugas makalah. Untuk mendukung perkembangan ini telah banyak
perangkat lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer grafis
atau CG. Perangkat-perankat lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi 3,
yaitu: untuk 2D, 3D, dan animasi grafis. Karena teknologi berkembang pesat
kebanyakan digunakan adalah perangkat 3D ,tetapi tidak sedikit yang masih
menggunakan perangkat komputer grafis 2D. Oleh karena itu Komputer Grafis
telah muncul sebagai sub-bidang ilmu
komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi
konten visual.
Berikut adalah kegiatan yang
berkaitan dengan grafik komputer:
Pemodelan geometris : menciptakan model
matematika dari objek-objek 2D dan 3D .
2. Rendering : memproduksi citra yang lebih solid
dari model yang telah dibentuk.
3.
Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah
laku/behaviour objek bergantung waktu.
4.
Graphics
Library/package (contoh : OpenGL) adalah perantara
aplikasi dan display hardware(Graphics System).
5.
Application program memetakan objek
aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
6.
Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi
citra.
7.
Citra merupakan hasil akhir dari
sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.
Kerangka
Grafik Komputer
Manipulasi Gambar
Translasi
Translasi adalah suatu perpindahan semua titik dari objek pada suatu jalur lurus sehingga menempati posisi baru.
Jalur yang direprestasikan oleh vektor tersebut dinamakan translasi atau bisa disebut juga vektor geser
Rotasi
Rotasi adalah mereposisi semua titik dari objek sepanjang jalur lingkaran dengan pusat pada titik pivot.
Skala
Penskalaan koordinat dimaksud untuk menggandakan setiap komponen yang ada pada objek secera scalar. Keseragaman penskalaran berarti skala yang digunakan sama untuk semua komponen objek.
Dilatasi
Adalah suatu transformasi yang mengubah ukuran (memperbesar atau memperkecil) suatu bangun tetapi tidak mengubah bentuk bangunnya.
Refleksi
Merupakan suatu transformasi yang mencerminkan suatu objek.
Sifat-sifat Refleksi :
Translasi
Translasi adalah suatu perpindahan semua titik dari objek pada suatu jalur lurus sehingga menempati posisi baru.
Jalur yang direprestasikan oleh vektor tersebut dinamakan translasi atau bisa disebut juga vektor geser
Rotasi
Rotasi adalah mereposisi semua titik dari objek sepanjang jalur lingkaran dengan pusat pada titik pivot.
Skala
Penskalaan koordinat dimaksud untuk menggandakan setiap komponen yang ada pada objek secera scalar. Keseragaman penskalaran berarti skala yang digunakan sama untuk semua komponen objek.
Dilatasi
Adalah suatu transformasi yang mengubah ukuran (memperbesar atau memperkecil) suatu bangun tetapi tidak mengubah bentuk bangunnya.
Refleksi
Merupakan suatu transformasi yang mencerminkan suatu objek.
Sifat-sifat Refleksi :
a. Dua refleksi berturut-turut terhadap
sebuah garis merupakan suatu identitas, artinya yang direfleksikan tidak
berpindah.
b.
Pengerjaan dua refleksi terhadap dua
sumbu yang sejajar, menghasilkan translasi (pergeseran) dengan sifat:
·
Jarak bangun asli dengan bangun
hasil sama dengan dua kali jarak kedua sumbu pencerminan.
·
Arah translasi tegak lurus pada
kedua sumbu sejajar, dari sumbu pertama ke sumbu kedua. Refleksi terhadap dua
sumbu sejajar bersifat tidak komutatip.
·
Pengerjaaan dua refleksi terhadap
dua sumbu yang saling tegak lurus, menghasilkaan rotasi (pemutaran) setengah
lingkaran terhadap titik potong dari kedua sumbu pencerminan. Refleksi terhadap
dua sumbu yang saling tegak lures bersifat komutatif.
·
Pengerjaan dua refleksi berurutan
terhadap dua sumbu yang berpotongan akan menghasilkan rotasi (perputaran) yang
bersifat:
·
Titik potong kedua sumbu pencerminan
merupakan pusat perputaran.
·
Besar sudut perputaran sama dengan
dua kali sudut antara kedua sumbu pencerminan.
·
Arah perputaran sama dengan arah
dari sumbu pertama ke sumbu kedua.
Tipe-Tipe
Citra
Grafis
Komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah
pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik
sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb.
Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya
untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster
dll.
Pixel
Art
Pixel art adalah sebuah bentuk seni
digital, yang diciptakan
melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan diedit
pada tingkat pixel. Pixel art dapat ditemukan pada komputer atau
game-game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.
Vector
graphics
Berbeda dengan pixel, grafik vektor
merupakan representasi dari gambar dengan berupa array pixel. Dimana keunggulannya
adalah pada resolusi berapapun dan tingkat pembesaran apapun gambar yang
dihasilkan tetap(tidak blur atau pecah)
Grafik
Komputer 3D
Grafik komputer 3D merupakan suatu
grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat
suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata.
Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini
banyak bergantung pada aloritma-algoritma.
Daftar Software Desain Grafis
Ada beberapa software yang digunakan
dalam desain grafis:
- Desktop publishing
- Adobe Photoshop
- Adobe Illustrator
- Adobe Indesign
- Page Maker
- Coreldraw
- GIMP
- Inkscape
- Adobe Freehand
- Adobe image ready
- CorelDraw
- Webdesign
- Macromedia Dreamweaver
- Microsoft Frontpage
- Notepad
- Adobe Photoshop
- Audiovisual
- Adobe After Effect
- Adobe Premier
- Final Cut
- Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
- Ulead Video Studio
- Magic Movie Edit Pro
- Power Director
- Rendering 3 Dimensi
- 3D StudioMax
- Maya
- AutoCad
- Google SketchUp
Animasi
Komputer
Animasi Komputer adalah seni membuat
gambar bergerak melalui komputer. Biasanya ini digunakan pada film-film
animasi berbudget besar. Tetapi film-film non animasi juga banyak yang
menggunakan teknik ini, sebut saja Lord Of The Ring, Harry Potter, dsb.
sumber:
- http://en.wikipedia.org
- http://google.com
0 komentar:
Posting Komentar